Jumat, 24 Mei 2013

Plus Minus Promosi Menggunakan Jam Meja

Revolusi di bidang periklanan telah menyebabkan banyak perusahaan mencari cara promosi yang lebih efektif setiap waktunya. Semakin mahalnya Above The Line Promotion membuat banyak perusahaan semakin berusaha untuk mencari alternatif promosi yang lain. Salah satunya adalah berpromosi lewat merchandise.

Berpromosi memang memberikan tantangan tersendiri bagi perusahaan, tidak terkecuali berpromosi lewat merchandise yang sudah tentu memerlukan perhatian ekstra. Merchandise yang tepat dan sesuai dengan brand yang ingin dibangun, akan membuat image perusahaan naik tajam. Sebaliknya, salah memilih merchandise promosi untuk kebutuhan branding, bisa berakibat tidak baik untuk perusahaan.
Salah satu merchandise yang sering digunakan, yaitu jam meja, juga tidak luput dari kondisi di atas. Karena itulah, ada baiknya perusahaan mencermati dulu karakteristik dari jam meja sebagai media promosi. Langkah dan tujuan yang tepat dalam membuat jam meja promosi akan membuat brand activation berjalan baik, sebaliknya, pemilihan merchandise jam meja sebagai media promosi yang ngawur, juga akan berakibat fatal bagi perusahaan.


Karena itulah, pada tulisan kali ini kami ingin memberikan sedikit gambaran mengenai plus dan minusnya promosi menggunakan jam meja, yang sudah barang tentu diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan dari perusahaan untuk berpromosi menggunakan jam meja.

Adapun untuk plus (keuntungan) dari menggunakan jam meja promosi adalah:

1.       Jam Meja Promosi cenderung lebih murah
Bahan baku dari jam meja promosi yang tidak terlalu mahal dan mudah didapat, serta prosesnya yang tidak terlalu ribet, membuat jam meja promosi relatif lebih murah dibanding media promosi lainnya. Harga standar jam meja promosi adalah sekitar 30 ribuan, jika kemudian dikalikan dengan minimal order yang biasanya diberlakukan oleh pihak supplier jam dinding promosi, yaitu 200 pcs, maka total biaya yang keluar adalah sekitar 6 juta saja. Sebuah harga yang relatif murah untuk promosi.

2.       Jam Meja Promosi cenderung awet
Jam meja promosi adalah alat penunjuk waktu, artinya dia tidak akan sering disentuh. Hal ini bisa membuatnya lebih awet daripada merchandise lain seperti payung ataupun balon promosi. Apalagi, jam meja promosi selalu berada di atas meja, sehingga resikonya pun semakin sedikit saja.
Jam Meja Promosi adalah media promosi yang cenderung awet dibanding media promosi lain.

3.       Jam Meja Promosi memberikan kesan personal kepada konsumen
Jam meja promosi adalah jam yang ditaruh di meja. Biasanya jam meja digunakan oleh konsumen sebagai pengingat waktu di kala mereka sibuk bekerja ataupun melakukan kegiatan lainnya di meja. Hal ini jelas saja memberikan sentuhan personal yang berharga untuk konsumen. Dan apabila produk anda ada di dalam jam meja promosi ini, sudah barang tentu akan dikenal sebagai ‘sahabat’ dari konsumen yang menggunakannya.

Dan kekurangan (minus) untuk jam meja promosi antara lain:
1.       Pasarnya seringkali terbatas
Jam Meja selalu diletakkan di atas meja, tentu saja hal ini membuat tidak banyak orang yang melihatnya. Karena di atas meja, adalah tempat yang terkesan personal dan privat. Karena itu, jam meja promosi seringkali tidak bisa menyebar seluas payung ataupun balon promosi, dan beberapa merchandise lainnya.
2.       Jika tidak dimanage dengan baik, bisa terkesan murahan

Ini juga penting. Harganya yang murah bisa berbahaya bagi brand perusahaan yang asal-asalan. Karena itu bisa menampilkan image perusahaan yang terkesan murahan. Karena itu, pastikan perusahaan berkonsultasi dengan pihak supplier terkait jam meja dengan pendekatan seperti apa yang akan sesuai digunakan untuk image perusahaan. Beberapa supplier jam meja promosi yang sudah berpengalaman seperti Cera Production menyediakan fasilitas itu secara gratis.

Jadi setelah kita melihat plus dan minus dari jam meja promosi, ada beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil.

1.       Jam Meja merupakan merchandise promosi yang sesuai dengan asas below the line promotion yang terkesan tidak terlalu massive, namun tetap berpotensi.

2.       Jam Meja promosi merupakan alat promosi yang murah meriah, namun berbahaya jika tidak dikemas dengan tepat sesuai image perusahaan.

3.       Jam meja promosi tepat digunakan sebagai media promosi yang ingin menjalin kedekatan dengan konsumen, bukan sekedar menyapa. Jadi, jam meja promosi memberikan ‘kedalaman’ dalam berpromosi, bukan ‘keluasan’.


Itulah tadi tulisan mengenai plus minus jam meja promosi, semoga bermanfaat dan memberikan anda gambaran yang utuh mengenai jam meja promosi.