Jumat, 24 Mei 2013

Penyebab Rusaknya Jam Meja

Kita tentu tahu jam meja bukan? Kebutuhan kita yang semakin penuh dan padat, serta tekanan yang tinggi, membuat alat-alat pengingat waktu seperti jam meja sangat dibutuhkan. Karena itu, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan jam meja.

Jam meja adalah alat yang usianya relatif awet. Mengapa begitu? Karena jam meja selain bahan-bahannya tidak mudah rusak, juga karena resiko penggunaannya yang tidak terlalu besar. Karena itulah, secara tidak sadar, biasanya jam meja merupakan alat yang cukup awet.


Namun ternyata, kemungkinan jam meja untuk rusak tetap ada. Seperti alat-alat lainnya di dunia yang merupakan buatan manusia, jam meja dapat rusak. Dan penyebabnya pun beragam. Dari yang beragam itu, ada beberapa penyebab yang cukup sering terjadi pada jam meja. Apakah itu? Kami akan berbagi di sini dengan harapan anda menghindari terjadinya kejadian tersebut.
Dan inilah, penyebab rusaknya jam meja:

1.       Ada hewan masuk di mesin jam meja
Ini adalah alasan yang cukup sering dialami oleh kerusakan berbagai perkakas dengan mesin yang bergerak. Hewan-hewan kecil yang suka bertualang di berbagai tempat, bisa jadi terjebak di salah satu gerigi dari jam itu, dan itu bisa berakibat fatal. Mayat hewan yang tergencet di gerigi mesin jam bisa membuat jam meja tidak mau bergerak. Jadi, jika suatu saat jarum jam meja anda tidak bergerak, segera cek di dalam mesin, siapa tahu ada semut tergencet di dalamnya. Segera bersihkan dan pastikan anda tidak meninggalkan bagian tubuh hewan kecil itu di dalam mesin jam.
Untuk menghindari resiko ini, biasanya disarankan untuk sering-sering memindahkan jam meja dari tempatnya. Jadi saat sudah ditaruh di atas meja, sering-seringlah dipindah. Selain menghilangkan debu, hal ini juga membuat hewan enggan masuk ke dalam jam.

2.       Sudah melewati usianya
Ini bisa dibilang adalah alasan yang alamiah. Karena memang sebagus apapun kita merawat suatu barang, jika sudah waktunya untuk mati, maka barang itu akan mati. Jika ini terjadi, segera beli jam meja yang baru. Umur standar untuk jam meja adalah sekitar 1-2 tahun.

3.       Terbanting
Jam meja biasanya berbentuk kecil dan mudah dipindah. Dalam arti yang negatif, juga mudah terjatuh. Apalagi tempatnya biasanya berada di meja, yang rentan tersenggol dan jatuh. Apalagi efek alarmnya, jika kita terbangun dengan kaget, mungkin saja reflek kita akan membuat jam meja itu terjatuh. Untuk menghindari resiko ini, usahakan tidak menaruh jam meja di pinggir-pinggir meja. Usahakan juga untuk tidak tidur di meja, karena itu tidak baik untuk kesehatan anda.

Setidaknya, tiga itulah alasan yang sering menjadi penyabab rusaknya jam meja. Tentu masih banyak lagi alasan yang membuat jam meja rusak. Hanya saja, 3 alasan itulah yang bisa dibilang paling sering. Namun pada dasarnya setiap benda akan rusak juga, sehebat apapun kita merawatnya. Jika itu terjadi, tidak ada pilihan yang lebih bijak selain merelakannya.


Bagaimana dengan anda, apakah anda pernah mengalami kerusakan jam meja dengan alasan yang lain?