Senin, 27 Mei 2013

Fungsi Jam Meja dari Masa ke Masa

Manusia memang mahluk yang revolusioner. Berbagai hal yang dulunya Cuma sederhana dan ‘apa adanya’ kini berubah dan menjadi penemuan-penemuan baru yang mencengangkan. Tak terkecuali dengan jam meja. Jam meja yang dulu sifatnya hanya begitu-begitu saja, ternyata dapat dirubah sedemikian rupa menjadi berbaga macam kebutuhan. Fungsi jam meja pun ikut berevolusi. Dari yang dulunya sekedar menjadi pengingat waktu, menjadi berbagai macam lagi.


Fungsi jam meja yang terus berkembang ini menarik untuk dibahas, karena memang jam meja adalah sebuah alat yang terus berkembang dan digunakan oleh manusia. Sekarang ini jam meja telah menjad semacam gaya hidup tersendiri bagi beberapa orang. Jam meja, sudah bukan sekedar alat pengingat waktu lagi.
Lalu seperti apa fungsi jam meja dari ke masa sendiri? Tulisan ini akan membahasnya secara singkat.


1.       Fungsi jam meja sebagai pengingat waktu
Jam meja sejak awal dibuat, tujuannya memang jelas menjadi pengingat waktu. Hal ini didasarkan pada kebutuhan manusia yang harus selalu tahu waktu agar dapat menjalankan kegiatan sehari-hari yang teratur. Jam meja, diciptakan dengan tujuan memberikan pengingat waktu kepada seseorang saat dia sibuk bekerja ataupun belajar.

Jam meja memberikan kemudahan orang yang sedang sibuk dengan pekerjaannya untuk melihat jam. Berbeda dengan jam dinding yang terkesan umum dan bisa dilihat banyak orang, jam meja umumnya terkesan khusus dan privat. Karena itulah, jam meja dianggap lebih personal dalam memberikan sentuhan pengingat waktu. Karena hal itu, orang yang memiliki jam meja biasanya juga men-setting jam meja agar waktunya sesuai dengan kemauan si pemilik. Misal pemilik ingin sengaja mempercepat jamnya agar dia tidak terlambat.

2.       Fungsi jam meja untuk membangunkan manusia dari tidur
Ini adalah fungsi yang sedikit berbeda dengan jam dinding. Dan bisa dibilang merupakan kelebihan dari jam meja dibanding jam dinding. Jam meja memiliki fitur alarm yang dapat berfungsi membangunkan orang yang sedang tidur. Fitur ini sangat berguna sekali, dan digunakan orang-orang selama beberapa tahun.
Namun, dewasa ini fungsi dari jam meja ini sudah semakin terpinggirkan dengan adanya telepon pintar yang juga memiliki fitur alarm. Namun bagi beberapa orang, masih memilih menggunakan jam meja, dengan alasan sumber daya listrik ataupun kebiasaan.

3.       Fungsi jam meja sebagai hiasan di meja
Kita seringkali suntuk saat sedang mengerjakan sesuatu di atas meja. Kelelahan itu tentu tidak boleh dibiarkan. Harus ada usaha untuk mengurangi rasa lelah dan memberi suntikan semangat, karena itulah, fungsi jam meja sebagai hiasan di meja sangatlah penting.

Hal ini juga menyebabkan banyak bermunculan jam meja yang unik dan aneh bentuknya. Selain sebagai daya tarik, hal ini juga membuat pemilik jadi terhibur setiap kali melihatnya. Jam meja yang bagus, bisa menjadi mood buster untuk orang yang melihatnya.

Ini adalah fungsi yang timbul karena persaingan di dunia usaha yang semakin keras. Kompetitor yang bermunculan, dan pasar yang naik turun, membuat berbagai perusahaan harus memutar otak untuk mempromosikan produknya. Hal itulah yang kemudian memicu munculnya berbagai metode baru untuk mempromosikan produk, tak terkecuali lewat jam meja.

Jam meja memang memiliki berbagai keunggulan di bidang promosi. Selain sifatnya yang personal, jam meja juga menjanjikan harga yang murah untuk sebuah kegiatan promosi.

Itulah beberapa fungsi yang dihadirkan oleh jam meja dari masa ke masa. Tentunya, tidak menutup kemungkinan, fungsi ini akan berkembang lagi besoknya.