Rabu, 08 Mei 2013

Beberapa Penyebab Rusaknya Jam Dinding


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan jam dinding. Jam dinding yang merupakan alat penunjuk waktu, adalah salah satu terobosan besar dalamm kehidupan manusia. Sekarang jam dinding sangat dicari-cari oleh manusia. Dan hampir tidak mungkin rasanya sebuah rumah tidak memiliki jam dinding. Akan tetapi, kadangkala kita melihat sebuah jam dinding yang tidak berjalan atau rusak. Sebenarnya apa saja penyebab jam dinding rusak itu? Dalam tulisan ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai penyebab rusaknya jam dinding.


Jam dinding sebagai salah satu alat yang dibutuhkan manusia, haruslah dapat terus berjalan. Dalam fengshui jam dinding pun, sangat dianjurkan untuk selalu menjaga agar jam dinding tetap menyala. Ada berbagai alasan yang menyertainya. Intinya, fengshui menganjurkan agar jam dinding dapat terus digunakan sesuai dengan fungsinya. Dan memang, untuk menjaga jam dinding tetap menyala, kita harus tahu beberapa penyebab rusaknya jam dinding.

Adapun untuk garis besar beberapa penyebab rusaknya jam dinding adalah sebagai berikut:
1.       Ada hewan yang masuk ke dalam mesin jam dinding

Namanya juga jam dinding, berarti jam ini ditempelkan di dinding. Karena itu ada banyak kemungkinan jam dinding akan dijamah oleh para binatang kecil yang suka merayap di dinding, semut misalnya.
Jika hewan sudah masuk ke dalam mesin jam dinding, hal terburuk yang bisa menimpa jam dinding adalah macet. Hal itu dikarenakan gerigi pada mesin jam dinding tertahan oleh mayat dari hewan kecil yang masuk ke dalam jam dinding. Untuk memperbaikinya cukup mudah, buka saja mesin pada jam dinding, setelah itu bersihkan gerigi jam dinding dari mayat hewan yang berada di sana.

2.       Jam dinding jarang dibersihkan
Alasan ini cukup mirip dengan yang pertama. Bedanya alasan nomer dua ini lebih kepada kelalaian pemilik jam dinding. Jam dinding adalah jam yang diletakkan di dinding. Benar. Jam dinding jarang disentuh, juga benar. Namun bukan berarti kita tidak perlu membersihkan jam dinding. Kita sebagai pemilik jam dinding memiliki kewajiban untuk membersihkan dan merawat jam dinding. Kotoran yang banyak di jam dinding, bisa mengganggu pergerakan jarum, ataupun gerigi dari jam dinding. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk membersihkan jam dinding secara berkala. Cukup hilangkan saja debu yang melekat pada jam dinding, dan semuanya akan lebih baik.

3.       Usia Jam dinding
Alasan kerusakan jam dinding yang ini cukup alamiah. Karena usia jam dinding yang memang sudah saatnya untuk rusak. Sekeras dan sebaik apapun kita dalam merawat sebuah barang, jika sudah masanya untuk pensiun, kita tidak dapat melawannya, termasuk jam dinding ini.

Jika ini terjadi, apa yang harus kita lakukan? Ikhlaskan, beli lah jam dinding yang baru.

4.       Baterai jam dinding habis
Alasan ke empat adalah alasan yang paling sering dialami masyarakat. Baterai jam dinding yang habis, kerap kali menjadi alasan sebuah jam dinding menjadi mati dan tidak berjalan lagi. Solusinya tentu sangat mudah, ganti baterai jam dinding dengan baterai yang baru. Jika setelah diganti tidak bisa, coba urutkan pada alasan no.1-3. Mungkin kerusakan ada pada poin-poin tersebut.

Jadi itulah beberapa alasan rusaknya jam dinding yang dapat kami berikan. Merawat jam dinding itu mudah, namun jika tidak dilakukan dengan fokus, bisa membuat kita merugi beberapa ribu rupiah karena rusak sia-sia. Rawatlah jam dinding dengan sungguh-sungguh, karena perawatannya mudah dan simpel.
Semoga artikel beberapa penyebab rusaknya jam dinding ini bermanfaat.