Kamis, 28 Maret 2013

Tips Desain Logo Pada Jam Meja


Tak dapat dipungkiri, jam meja yang sekarang banyak digunakan sebagai merchandise promosi telah menjadi salah satu merchandise yang menjanjikan return of investmen yang baik pada dunia periklanan. Fungsinya yang sangat berguna, plus sifatnya yang lebih personal dibanding jam dinding, membuat jam meja  dipercaya berhasil melakukan penetrasi secara ‘dalam’ kepada pasar dan konsumen.

Namun, perlu kita ketahui, perihal pengaruh dari jam meja promosi ini, jika logo yang dicetak di atasnya tidak tercetak dengan benar, efeknya tidak akan terlalu bagus untuk perusahaan. Karena itulah, perusahaan harus memperhatikan desain logo pada jam mejapromosi. Karena desain logo yang buruk dan tidak tepat, bisa membuat materi iklan kurang bermakna di mata konsumen.

Logo perusahaan adalah sebuah identitas perusahaan yang pastinya sudah dibuat dengan seksama dan sesempruna mungkin oleh perusahaan, agar dapat melambangkan perusahaan dengan baik. Karena itu, dalam proses pendesainan logo perusahaan pada jam meja promosi, cukup mengikutkan desain logo sebagai sumber utamanya. Namun jika penempelan logo yang sudah bagus ini tidak tepat, bisa jadi akan merugikan perusahaan sendiri selaku pengiklan di dalam jam meja promosi. Karena itulah, tips desain logo pada jam meja ini cukup penting untuk perusahaan.

Inilah beberapa tips mengenai desain logo pada jam meja yang dapat diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menggunakan merchandise promosi jam meja sebagai media promosinya.

1. Fokuskan desain pada logo perusahaan
Desain yang bagus adalah desain yang dapat menyampaikan pesan kepada orang yang melihatnya. Karena tujuan desain kita kali ini adalah untuk memperkenalkan produk ataupun logo perusahaan, sudah tentu kita harus memfokuskan desain pada logo perusahaan. Dengan memfokuskan desain pada logo perusahaan, kita sudah mengarahkan konsumen ataupun rakyat yang melihat untuk memandang logo perusahaan yang pastinya sudah bagus dan melambangkan perusahaan secara utuh.
Dengan memfokuskan desain pada logo perusahaan, kita sudah membuat kegiatan berpromosi perusahaan kita menjadi berkualitas.

2. Selaraskan warna produk dengan warna utama perusahaan
Sebuah logo perusahaan tidak selalu selaras dengan background berbagai warna. Ada logo yang membutuhkan backgroudn yang spesifik agar energinya keluar, karena itu, pastikan warna produk (jam meja promosi) sudah disesuaikan dengan kebutuhan desain logo perusahaan. Hal ini selain membuat logo terlihat fokus dan indah, juga akan membuat image perusahaan semakin kuat dirasakan oleh pasar.

3. Pastikan logo terlihat dengan jelas
Menambahkan efek-efek dramatis dalam produk memang terlihat menggiurkan, namun kita harus berhati-hati terhadapnya. Efek yang terlalu lebay, selain membuat produk terkesan tidak elegan, juga membuat desain tidak fokus pada logo. Hal ini bisa membahayakan kegiatan promosi kita.

Apalagi, efek-efek dramatis bersifat tiga dimensi kadang sulit diaplikasikan pada sablon jam meja promosi yang terdiri dari beberapa warna saja. Terlalu banyak efek akan menambah jumlah warna, dan bisa jadi membuat harga menjadi melambung tinggi.

4. Gunakan sentuhan unik secukupnya pada jam meja
Membuat sebuah sentuhan unik pada jam meja adalah cara yang bagus agar jam meja terlihat menonjol dan semakin terkenang di hati para konsumen. Namun, kita harus memastikan keunikan jam meja itu tidak terlalu berlebihan dan malah membuat promosi kita berantakan. Pastikan keunikan dari jam meja promosi itu sesuai dengan identitas perusahaan.

Itulah sedikit tips mengenai desain logo pada merchandise promosi jam meja. Semoga bermanfaat