Rabu, 27 Februari 2013

Big Ben, Jam Dinding Raksasa Kebanggan London


Kita semua tentu mengetahui Big Ben bukan? Sebuah nama yang selalu identik dengan satu hal: jam dinding raksasa milik Inggris yang paling terkenal. Ya, bahkan saking terkenalnya banyak orang mengira Big Ben adalah jam dinding terbesar di dunia, padahal Big Ben berada di urutan ketiga, setelah Jam dinding raksasa di Royal Tower di Mekkah dan Menara Jam Allen-Bradley di Wischonsin. Namun memang, Big Ben merupakan jam dindingyang penuh sejarah untuk salah satu kota yang juga penuh sejarah, yaitu London. Karena itulah, tulisan ini akan membahas mengenai Big ben, jam dinding raksasa kebanggaan kota London.


London merupakan Ibu Kota Negara Inggris yang juga terkenal akan sejarahnya. Kekuasaan Inggris yang dulu sangat luas, membuatnya dikenal dengan negeri yang mataharinya tidak pernah tenggelam. Sebuah negara yang penuh dengan sejarah, dan di dalam negara itu, terdapat sebuah jam dinding penuh sejarah pula.
Jam dinding ini selesai dibuat pada tahun 1859 oleh seorang desainer bernama Edward John Dent. Sempat tersendat pembangunan jam ini pada tahun 1854, namun segera jadi.

Jam dinding ini terkenal akan ketepatannya. Ada rahasia mengapa jam dinding ini bise selalu tepat.
Jam dinding big ben ini, di dalamnya diletakkan setumpuk koin penny di atas pendulum. Hal ini berfungsi untuk mengubah pusat gravitasi jam dinding sehingga tidak stagnan, melainkan bisa semakin cepat atau semakin lambat, sehingga setiap harinya jam dinding ini melaju lebih cepat sekitar 0,0004 detik.

Jam dinding Big Ben bukannya tidak pernah rusak. Pada tahun 1941, terjadi peristiwa besar bernama London Blitz, di mana Jerman melakukan pengeboman pada London. Dan akibatnya adalah kerusakan pada dua muka dari empat muka yang dimiliki jam dinding big ben. Namun setelah itu, untungnya ada Sir Gilles Gilbert Scort yang mendesain ulang jam dinding big ben sehingga tetap berdiri gagah sampai sekarang.
Jam dinding big ben bukannya tidak pernah rusak atau malfungsi, tercatat ada beberapa kali di mana jam dinding big ben mengalami kerusakan atau malfungsi. Seperti pada tahun 27 Mei 2005 misalnya, Jam dinding big ben terhenti. Alasannya kuat kemungkinan karena temperatur panas saat itu. Dan ada masa-masa lain di mana Jam dinding big ben harus diperbaiki dan terhenti.

Walau bagaimanapun juga, Jam dinding big ben merupakan salah satu bangunan yang paling terkenal dan bersejarah di dalam cerita umat manusia.